Food and Travel Health Keluarga

Me Time MURAH ala Ibu Menyusui

Semangat pagi, semuanya!

Akhir-akhir ini lagi hype banget konten-konten tentang self-love. Intinya, apapun kesibukannya jangan lupa untuk melakukan aktivitas dalam rangka menyintai diri sendiri alias me time. Baik itu dengan belanja, berlibur, atau dengan menekuni hobi. Bagaimana dengan Lae?

Hmmmm….hmmmmh….hmmmmh (ala Nisa Sabyan 😅😂)

Jujur, pasca melahirkan sampai hari ini (berarti udah 14 bulan) Lae benar-benar harus beradaptasi, terlebih mengemban peran baru sebagai sebagai seorang ibu tanpa asisten rumah tangga. Kalau ditanya bagaimana rasanya, jawabannya seperti roller coaster. Banyak likunya tapi lebih banyak bahagianya. Alhamdulillah…

Me Time is Illusions

Dunia nyata ternyata tidak seindah konten ibu-ibu selebgram. Yang bisa berlibur, menikmati pijatan atau diberi kesempatan shopping sesuka hati (anak dijaga suami/suster). Bahkan Badan ini harus siaga sejak pagi hingga pagi lagi, pekerjaan domestik berputar tanpa henti, ada waktu luang sedikit pun benar-benar tidak bisa dinikmati senikmat dulu.

Apakah ini bagian dari baby blues atau Lae yang masih perlu beradaptasi atau orang-orang di sekitar tidak ‘peka’ bahwa Lae perlu me time? Entahlah, meski begitu faktanya, insyaAllah terbayar tuntas jika sekeluarga sehat dan harmonis. Amiin yaa Robbal aalamiin. Lae percaya bahwa apa yang ditanam akan dituai di kemudian hari.

Eh, malah curcol openingnya 😬

Me Time is Not Selfish

Meskipun tidak senikmat dulu karena waktu yang terbatas, di sisi lain Lae belajar memanfaatkan waktu luang yang ‘se-ucrit’ dengan baik. Syukur-syukur kalau waktunya bisa lebih luang. Apakah me-time ala ibu menyusui ini termasuk egois? NO, me time is not selfish.

Logika sederhananya, saat tubuh lelah ya solusinya istirahat. Apalagi saat pikiran mulai penat. Bagi ibu menyusui kurang tidur dan pikiran yang kacau berpengaruh pada produksi ASI. Rasanya kurang tepat juga kalau ada yang bilang ibu menyusui harus banyak makan, tapi pikiran dan psikisnya sedang tidak stabil. Jadi, yuk me time!

Me Time ala Lae

Nah, teman-teman…

Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk me time, tergantung waktu dan selera.

Untuk waktu biasanya Lae menunggu anak tidur siang atau malam. Tujuannya, supaya tenang dan ‘intim’.

Berikut lima cara me-time ala Lae:

1. Membaca Buku/Artikel

Baca buku sambil maskeran pakai Silcot, review soon.

Membaca buku/artikel di internet benar-benar ampuh memulihkan penat saat me-time (tetap jangan lupa membaca Al-Quran yaa). Meskipun terkadang ditengah-tengah ada ‘iklan’, menyicil beberapa halaman setiap harinya cukup membuat me time berkualitas. Apalagi kalau bisa sambil maskeran, afdhol rasanya. Untuk saat ini Lae sedang suka membaca buku berisi kalimat-kalimat hikmah dan artikel tentang dunia anak (apalagi tentang mainan edukatif). Supaya tidak ‘mati gaya’ saat membersamai anak.

2. Menulis

Seperti sekarang, Lae bisa menulis hanya di waktu senggang. Bagi Lae menulis itu hal yang menyenangkan dan ingin dikerjakan dengan suasana fokus. Jadi seringkali dilakukan saat bayi sedang tertidur.

3. Makan

Mie organik instan topping sayur dan katsu ala Lae

Waktu jaman kuliah ada istilah berpikir tanpa ‘logistik’ sama dengan lumpuh. Dipikir-pikir benar juga sih, mungkin salahsatu hal yang membuat penat adalah PERUT LAPAR.

Jadi pastikan bisa me-time sambil menikmati makanan kesukaan. Bahkan, percaya atau tidak, makan mie instan dengan tenang saat anak tidur adalah ‘kemewahan’ yang hakiki bagi ibu menyusui. Ada yang merasakan?

4. Tidur

Nah, ini me time terbaik. Saat anak tidur, penat dicampur kantuk melanda, solusi terbaiknya memang tidur. Dipaksakan untuk tetap melaksanakan kegiatan pun terkadang jadinya ‘tidak sehat’.

Bisa tidur dengan nyaman itu salahsatu me time termahal bagi ibu menyusui, lho!

5. Menyicil Pekerjaan Domestik 😁

Home sweet home

Serbasalah memang, maunya ‘leyeh-leyeh’ tapi tugas domestik menumpuk. Salahsatu cara menyelesaikannya adalah dicicil, terutama strikaan. Karena semakin ditumpuk, semakin tidak selesai ditambah pemandangan rumah jadi tidak eye catching.

Itu dia lima cara me time ala Lae, yang bisa dibilang kilat tanpa mengeluarkan uang banyak tapi terkesan mahal bagi dunia ibu menyusui. Selain lima itu masih banyak ide me time, seperti gambar dari akun Instagram @ibupedia_id

Sebetulnya di luar itu semua Lae punya banyak me time impian, seperti liburan atau sekedar pijat relaksasi. Sayangnya untuk saat ini belum terealisasi karena waktu, anak lagi ‘nempel-nempelnya’ dan materi (semangat nabuuuung!). Intinya, me time itu bisa terwujud jika ada kesadaran dari diri kita bahwa membutuhkan serta dukungan dari support system. Bagaimana situasi dan kondisinya, tetap jangan lupa bersyukur yaa 😄.

Terima kasih sudah membaca tulisan Lae. Tulisan ini adalah karya yang kolaborasi dengan Bandung Hijab Blogger.

Happy me time dan jangan lupa bahagia. Sampai jumpa di tulisan Lae berikutnya 😄

(0) Comments

  1. asik nih me timenya ada yang sama teh bisa banyak sharing tentang buku ya hehe

  2. Yesi Haerunisa says:

    Makin kesini makin menghargai segala jenis keberuntungan salah satunya dikasih waktu cukup untuk melakukan hal sederhana tapi bikin bahagia benr banget.

  3. sip teh, bersyukur. Itu yang utama, sebuah kenikmatan tiada tara akan kita dapatkan apabila kita pandai bersyukur.

  4. widya nuraini says:

    Duh jadi inget dlu waktu masih menyusui mau me time gabisa kmn2 cuma bisa meratapi doang.. ke salon pun bukan buat relax tapi potong cepak krn si bayi mulai jenggut2.. masa lalu yang kelam 🤣🤣

  5. Baca sambil maskeran emang enak banget sih.. aku jg sering kaya gitu.. merawat kulit sekaligus otak. Haha.

  6. greenlady 711 says:

    Uwuwww, jadi laperr liat gambar mie nyaaa 😆😆😆 kumaha atuchh malem2 ginii 🤤🤤🤤

  7. Makan mie instan itu kenapa ya rasanya juara bangettt

  8. Pas lagi cuti lahiran memang kerasa banget me time buat busui itu adalah tidur nyenyak bareng anak dan juga bisa makan mie instant tanpa diburu2 harus ganti popok atau bayi minta ASi teh. Surga banget kalau bisa ngelakuin hal-hal simple kaya gitu 🙂

  9. menarik sama ide me time yang dibilang bisa mandi ga buru buru, aku ngeliat banget kaka aku kalau udah punya anak gak bisa mandi nyantai, super salut sama ibu di seluruh dunia, semoga para ibu bisa me time ya

  10. salah satu nomer pertama me time ku tidur wkkwk ehh tp itu liat foto makanan jd ngiler wkkw

  11. Ruly Rosmalina says:

    Nyicil pekerjaan domestik itu sesuatu ya, kalau g dicicil dan keburu numpuk jadinya males sendiri. Trus nyesel kenapa g dicicil. *Eh malah curcol* Maapin hahaha

  12. Megha Rachma says:

    Setuju nyicil pekerjaan rumah emang jadi me time banget. Bisa leyeh-leyeh kalo males, ntar lanjut lagi, kok sama siihh

  13. Letisia Aristi says:

    Me time is not selfish. Semangat jadi new mom yaa, lae.. Kerjaan rumah mah aku malah suka ditunda akhirnya numpuk trus sebel sendiri hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *