Site Loading

Halo teman-teman πŸ˜‡

Alhamdulillah tidak terasa sudah 10 hari Lae rutin nulis. Semoga kedepannya konsisten. Amiin…

Ada satu fakta tentang Lae, yaitu suka lagu-lagu lawas barat tahun 60-an ke atas. Teman-teman di kantor dan kampus dulu sering menyebut ‘Lae Kobe’. Arti ‘kobe’ sendiri Lae kurang tahu pastinya. Katanya itu kepanjangan dari ‘kokolot begog’ atau ‘kontrol beungeut’ (artinya cari di kamus Bahasa Sunda). Mungkin intinya anak kecil yang tahu lagu-lagu jadul di jamannya.

Sebenarnya bukan tanpa alasan mengapa Lae tahu lagu-lagu tersebut. Waktu masih anak-anak, sebelum TK, tahun 1999, di rumah punya banyak kaset lagu-lagu barat, dangdut hingga qosidah. Kabarnya Bapak mantan anak band, jadi tahu lagu-lagu barat lawas. Terus tahun 1999 sedang hits lagu qosidah dan sholawat seperti Sulis, Wafiq Azizah, Al-Manar, dll. Jadi banyangkan saja pagi-pagi Lae ‘makan’ lagu qosidah, siang lagu-lagu barat/dangdut, malamnya sholawatan.

Sejak pindah rumah tahun 2002 koleksi kaset Bapak tidak semua dibawa, katanya hilang. Jadi perlahan tidak menyimak kembali lagu-lagu lawas. Akhirnya seiring waktu anak-anaknya yang download dan mendengarkan lagu-lagu tersebut. Bahkan sampai saat ini banyak lagu lawas yang masih jadi favorit Lae, diantaranya:

1. The Beatles – Here, There, and Everywhere

Sumber foto: Beatlesbible.com

The Beatles adalah salahsatu band yang superrrrr legend. Karyanya banyak dan banyak penggemarnya hingga saat ini. Lagu yang paling Lae suka dari The Beatles adalah Here, There and Everywhere. Cocok didengarkan saat kita ‘rindu-rindunya’ pada hal yang spesial.

Lirik dan terjemah lagunya di sini.

2. Queen- Love of My Life

Sumber foto: Popsike.com

Ada yang sudah nonton film Bohemian Rhapsody? Bersyukurlah bagi yang sudah. Kalau Lae mah belum nonton. #hiks

Queen adalah salahsatu band rock yang legendaris. Suara vocalisnya khas dan menurut Lae bisa menyampaikan makna liriknya dengan pas. Baik itu lagu yang slow maupun yang heboh abis.

Salahsatu lagu Queen favorit Lae adalah Love of My Life. Walaupun saat ini sudah banyak yang meng-cover lagunya, versi asli lebih ‘ngena’.

Lirik dan terjemah lagunya di sini.

3. Abba – Dancing Queen

Sumber foto: discogs

Generasi tahun 1990-an pasti sudah tidak asing dengan grup Abba. Pembawaan mereka yang ceria bisa menjadikan lagu Dancing Queen menjadi lagu yang fenomenal di jamannya.

Sumber foto : Smoothradio.com

Sedikit terlambat, Lae mendengar lagu ini saat masuk SMP. Saat itu langsung download dan cari minus one, lumayan buat karaoke-an dan belajar Bahasa Inggris 😁

Lirik dan terjemah lagunya di sini

4. Joan Baez – Donna Donna

Sumber foto: Hitparahe.ch

Ada yang pernah menonton film Gie? Di film tersebut ada Sita Nursanti menyanyikan lagi Donna-Donna. Lae langsung cari versi aslinya, lirik dan terjemahannya. Joan Baez adalah penyanyi, penulis lagu, dan aktivis pejuang hak-hak sipil. Ia lahir di Amerika Serikat tanggal 9 Januari 1941 dan wafat di umur 77 tahun.

Sumber foto: Flickr.com

Terlahir dari keluarga aktivis membuat ia berani menyuarakan aspirasi dengan bermusik. Maka dari itu jangan heran jika di setiap lirik lagunya tersimpan pesan-pesan sosial, salahsatunya lagu Donna Donna.

Lirik dan terjemah lagunya di sini

5. Michael Jackson – Earth Song

Pertama kali menontonvideo klip lagu ini langsung sedih, padahal waktu itu masih TK. Membayangkan planet bumi rusak, binatang-binatang mati, dan global warming semakin menjadi. Michael Jackson berhasil menyampaikan lagu ini dengan apik dan bisa diterima semua kalangan.

Sumber foto : youtube

Lirik dan terjemah lagunya di sini

Nah teman-teman, itu dia lima dari sekian banyak lagu barat jadul yang Lae suka.

“Nyanyi terus, kapan ngajinya?”

Alhamdulillah orangtua selalu menyeimbangkan asupan telinga anaknya, mana yang harus dikurangi dan diperbanyak. Jadi kepada warganet yang punya pendapat tentang hukum mendengarkan musik tenang ya. Kadang-kadang Lae membutuhkan referensi menulis dari lirik lagu-lagu jadul 😊

Sampai jumpa di postingan berikutnya πŸ˜‰

0 thoughts on “5 Lagu Barat Jadul Favorit

  1. Jaman saya masih SD, saya mendengarkan The Beatles setiap hari. Sampai sekarang masih hafal semua lagunya. Gimana nggak, ayah saya suka banget ama mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Secondary Navigation